Talk Day PT Prysmian Cables Indonesia with Faculty Engineering UNSIKA

KARAWANG, RAKA – Perusahaan multinasional, Prysmian Cables Indonesia menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik (FT) Unsika melalui program magang bagi para Mahasiswa FT Unsika. “Untuk saat ini kami melakukan kerjasama dalam program internship, kalau misalkan oke, mereka bisa dimasukkan ke program PGP (Prysmian Graduate Prgram),” ungkap Risa Salafiah, perwakilan perusahaan Prysmian Cables Indonesia, di sela acara Prysmian Group Talk Day di aula Unsika, Jumat (18/10).

Risa menambahkan, program ini mengingat lokasi Prysmian yang berada di Kota Karawang. Dengan adanya program magang ini ia berharap lebih banyak warga Karawang yang dapat bekerja di perusahaannya. “Rata-rata kita berasal dari luar Karawang. Nah kita tuh pengen mencari warga lokal Karawang yang dapat berkarir di Prysmian. Sejauh ini warga lokal Karawang banyaknya di bagian operator,” terangnya.

Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa FT Unsika untuk magang selama 6 bulan. Mereka juga berkesempatan mengikuti PGP, nama lain program management training di Prysmian apabila mereka dinilai baik dalam menjalani program internship. Adapun alasan dipilihnya Unsika dalam menjalin kerjasama tersebut karena telah terjalin silaturahmi antara kedua pihak pada tahun sebelumnya. “Tahun lalu Unsika sempat malkukan study tour ke perusahaan kami, dari situ kami terus menjalin silaturahmi, dan kita juga tahu Unsika adalah kampus besar di Karawang,” jelas Risa.

KENALKAN PERUSAHAAN : Mintardja Indra Budiono, plant manager Prysmian tengah memperkenalkan perusahaannya kepada mahasiswa FT Unsika.

Amron Naibaho yang juga HR Prysmian mengatakan, program ini membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk lebih mengenal budaya di perusahaan multinasional. Sebab menurutnya hal tersebut menjadi nilai lebih di mata perusahaan-perusahaan multinasional. “Enaknya kerja di perusahaan multinasional itu kita bisa berinteraksi dengan orang asing, bahkan mengasah kemampuan bahasa inggris, atau wawasan kita terhadap budaya luar. Di masa depan hal tersebut menjadi sangat menjual,” ungkapnya.

Sementara itu Dessy Agustina Sari, ketua prodi teknik kimia sekaligus ketua pelaksana acara Prysmian Group Talk Day mengungkapkan, MoU kerjasama yang dijalin baru akan disahkan setelah ada mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program internship tersebut. “Setelah acara hari ini selesai dan ada mahasiswa yang direkrut, kita dari Unsika akan datang membawa MoU. Jadi mahasiswa sudah disiapkabn mentalnya setelah maupun sebelum lulus,” ungkap Dessy.

Ia juga menuturkan, saat ini baru Prysmian yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Unsika, selama ini kerjasama yang dijalin hanya berkenaan dengan kepakaran personal, tidak melibatkan perusahaannya. Kedepannya ia berharap lebih banyak perusahaan di Karawang yang menjalin kerjasama untuk menyalurkan lulusan lulusan sarjana FT Unsika. “Kenapa gak dibukakan gerbang langsung? kita lulus bisa langsung masuk. Nah untuk menguji mahasiswa, buatkan programnya agar kami-kami ini bisa mengejar, apa sih yang dibutuhkan perusahaan,” jelasnya. (cr5)

sumber cetak media massa Radar Karawang, Sabtu 19 Oktober 2019

Versi online dapat ditelusuri melalui: https://radarkarawang.id/metropolis/unsika-jalin-kerjasama-dengan-perusahaan-multinasional/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *