Mahasiswa Teknik Kimia UNSIKA Borong Prestasi

   

Di masa pandemi ini perkuliahan masih banyak dilakukan secara daring, banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengasah skill pribadi dan menambah wawasan pengetahuan, salah satunya dengan mengikuti lomba yang diadakan oleh suatu lembaga. Tahun ini, POSI (Pusat Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) kembali mengadakan kompetisi HARDIKNAS guna menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional. POSI merupakan lembaga pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang bertujuan untuk memberi bekal yang siap bagi peserta juara maupun yang lolos pada seleksi OSN dan seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dalam berbagai tingkatan, juga memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai sains serta membentuk budaya ilmiah dalam diri setiap peserta. POSI sendiri memiliki bermacam bidang yang dilombakan, diantaranya Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa inggris, Sejarah, dan bidang ilmu lainnya.

Tahun 2022 ini, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berhasil membawa harum nama Unsika dengan memperoleh beberapa medali dalam kompetisi tersebut. Kompetisi HARDIKNAS dilaksanakan dua kali, yaitu pada tanggal 10 April 2022 dan pada tanggal 22 Mei 2022.

Pada kompetisi pertamanya, mahasiswa program studi Teknik Kimia Unsika dari angkatan 2020 dan 2021 telah memenangkan kompetisi POSI HARDIKNAS. Terdapat 3 mahasiswa dari angkatan 2020 yang berhasil memenangkan kompetisi dengan meraih medali, diantaranya Wildan Aldiansyah (20) mendapatkan medali perunggu di bidang Sejarah, Adellia Nilam Cahya (20) mendapatkan medali perak di bidang Bahasa Inggris, Afifah Mahdiyyah (20) mendapatkan medali perunggu di bidang Kimia. Sementara untuk Angkatan 2021 terdapat 7 mahasiswa yang berhasil meraih medali pada kompetisi tersebut, yaitu David Kevin (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Matematika, Natasya Shafira (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Biologi, Saniatun Wilda (21) mendapatkan medali perak di bidang Sejarah, Nanda Aurelia Salsabilla (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Matematika, Aida Fitriani Khusniawati (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Matematika, Amalia Dian Fadilla (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Biologi, dan Vania Hayunanda (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Matematika.

Mekanisme lomba POSI dijelaskan oleh salah satu peserta bernama Adellia Nilam Cahya (20) yang mengikuti lomba pada bidang Bahasa Inggris. Pada lomba tersebut Adellia (20) harus menyelesaikan sebanyak 75 soal berbentuk pilihan ganda dalam waktu 120 menit. “Pada lomba Bahasa Inggris soal yang diberikan adalah materi tentang grammar, lalu juga ada reading”, ujarnya. Untuk mekanisme lomba POSI tersebut di tiap tahunnya adalah sama pada setiap bidangnya, sehingga peserta dapat mengetahui dan mempelajari mekanisme lomba tersebut serta dapat mengikuti lomba di tahun selanjutnya.

Cindy Salsabilla Anjani (21) dan Riesya Sagita Salsabilla (21) merupakan mahasiswa yang belum beruntung memenangkan lomba pertama pada tanggal 10 April 2022. Akan tetapi, tanpa rasa menyerah mereka mencoba kembali mengikuti perlombaan HARDIKNAS yang diselenggarakan oleh POSI pada tanggal 22 Mei 2022. Puji syukur mahasiswa Teknik Kimia UNSIKA tersebut berhasil memborong banyak medali pada berbagai bidang. Cindy Salsabilla Anjani (21) meraih medali perunggu pada bidang perlombaan Matematika dan Reisya Sagita Salsabilla (21) meraih 3 medali sekaligus yaitu medali perak pada bidang Sejarah dan 2 medali perunggu pada bidang Geografi dan bidang Fisika.

“Alhamdulillah lomba yang saya ikuti bisa mendapatkan medali perak dan perunggu, banyak pelajaran baru yang bisa saya dapatkan terutama di bidang Fisika. Saya harap kalian tidak boleh merasa puas dan berhenti dengan prestasi yang diraih, karena akan menyebabkan kemunduran. Tetapi harus selalu berikhtiar untuk sukses dan lebih bermanfaat”, ujar Riesya, Minggu (5/6).

Selain memborong penghargaan POSI 2022, mahasiswa Teknik Kimia Unsika juga kerap mengikuti seleksi internal perguruan tinggi ajang ONMIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2022 meliputi seleksi di bidang Biologi, Fisika, Matematika, dan Kimia.

Terdapat 6 mahasiswa Angkatan 2020 dan 2 mahasiswa Angkatan 2021 yang berhasil lolos seleksi internal ONMIPA tingkat Universitas. Pada bidang Kimia diantaranya Ajeng Anisa Dewi (20), Kamila Alfiludin (20), dan Riesya Sagita (21). Kemudian untuk bidang Matematika yaitu David Kevin (21). Dan terakhir untuk bidang Biologi diantaranya Dinda Laras Ayu (20), Salma Junika Alifani (20), Nita Novelasari (20), dan Ihsan Sofyan Hanan (20).

“Saya bersyukur bisa terpilih menjadi salah satu dari perwakilan ONMIPA tingkat Universitas dan diberi kesempatan untuk bersaing dengan 789 peserta di bidang kimia pada seleksi tingkat Wilayah. Untuk itu, saya akan mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang akan diujikan nanti dengan bimbingan dosen dari Universitas”, ujar Ajeng, (Minggu) 17 Juli.

Semoga hal ini bisa terus memotivasi mahasiswa lainnya untuk berani mencoba hal baru dan terus mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Tetap semangat dan teruslah berusaha mengejar impian karena “Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha”, kutipan dari B. J. Habibie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *