Mahasiswa Teknik Kimia Unsika Berhasil Lolos dan Membawa Pulang Beberapa Medali dalam Lomba OSAN (Olimpiade Sains Akbar Nasional) Tahun 2022

Di tahun 2022 ini, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berhasil membawa harum nama baik Unsika dengan memperoleh beberapa medali dalam lomba OSAN 2022. Olimpiade Sains Akbar Nasional atau yang disingkat dengan OSAN merupakan ajang kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga yaitu Lembaga Yapresindo dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada setiap jenjangnya. Disetiap jenjang terdapat mata lomba yang berbeda-beda. Pada jenjang SD/MI terdapat mata lomba Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Pada jenjang SMP/MTs terdapat mata lomba Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. Pada jenjang SMA/MA/SMK terdapat mata lomba Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Kebumian. Kemudian yang terakhir adalah jenjang Mahasiswa dengan mata lomba antara lain Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Ekonomi dan Kebumian. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 7 Agustus 2022 dan diikuti oleh SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK tingkat Nasional dan Mahasiswa.

Beberapa teman kami dari Mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2021 telah memenangkan lomba tersebut. Terdapat 4 mahasiswa yang telah berhasil memenangkan lomba dengan meraih medali, diantaranya Melisa Nur Halimah (21) mendapatkan medali Emas di bidang Kimia dan di bidang Biologi serta mendapatkan medali Perak di bidang Ekonomi. Vania Hayunanda (21) mendapatkan medali Perunggu di bidang matematika dan di bidang Biologi, Aldiana Bayhaqi Ilham (21) mendapatkan medali perunggu di bidang Kimia dan Retno Utami (21) mendapatkan medali Perak di bidang Biologi.

Mekanisme lomba OSAN dijelaskan oleh salah satu peserta bernama Melisa Nur Halimah (21). “Pada olimpiade tersebut saya mengerjakan 50 soal kimia, dengan durasi 60 menit, lalu 60 soal biologi dengan durasi 60 menit dan 60 soal ekonomi dengan durasi 60 menit, masing-masing olimpiade dimulai pada jam yang berbeda namun di hari yang sama yaitu tanggal 7 Agustus 2022, untuk kimia dimulai dari jam 09.00-10.00, untuk biologi dimulai dari jam 15.00-16.00, dan untuk ekonomi dimulai dari jam 16.00-17.00.” Ujarnya.

Adapun kesan dan pesan yang disampaikan oleh salah satu peserta bernama Melisa Nur Halimah (21) yaitu “Kesan saya dalam mengikuti OSAN kemarin itu seru, karena saya jadi tahu banyak soal soal olimpiade dan lebih banyak belajar lagi tentang hal hal baru, dan pesannya yaitu semoga apa yang saya dan teman-teman saya dapatkan dalam lomba kemarin bisa menginspirasi mahasiswa teknik kimia untuk kedepannya”.

Semoga hal ini bisa terus memotivasi mahasiswa lainnya untuk berani mencoba hal baru dan terus mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Tetap semangat dan teruslah berusaha mengejar impian karena “Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha.”  -B. J. Habibie.

(21 – Melisa Nur Halimah)
NamaMelisa Nur Halimah
Lomba yang dimenangkan1. Peraih medali Emas di bidang Kimia
2. Peraih medali Emas di bidang Biologi
3. Peraih medali Perak di bidang Ekonomi
(21 – Vania Hayunanda)
NamaVania Hayunanda
Lomba yang dimenangkan1. Peraih medali Perunggu di bidang Matematika
2. Peraih medali Perunggu di bidang Biologi
(21 – Aldiana Bayhaqi Ilham)
NamaAldiana Bayhaqi Ilham
Lomba yang dimenangkanPeraih medali Perunggu di bidang Kimia
(21 – Retno Utami)
NamaRetno Utami
Lomba yang dimenangkanPeraih medali Perak di bidang Biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *