Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Kimia Unsika ke PT Amerta Indah Otsuka di Cicurug, Sukabumi

Selasa, tanggal 9 Agustus 2022, mahasiswa/i Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang telah melakukan kunjungan industri ke salah satu perusahaan di Sukabumi, Jawa Barat. PT Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd Jepang. PT Amerta Indah Otsuka merupakan pabrik pertama yang dibangun pada tahun 1997 yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat dan selanjutnya terdapat pabrik Pocari Sweat yang terletak di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur. Adapun beberapa produk yang dihasilkan oleh PT Amerta Indah Otsuka yaitu Pocari Sweat, Soyjoy, Ion Water, Oronamin C Drink, dan Fibe Mini.

Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di luar kampus sebagai tuntutan kurikulum untuk membekali mahasiswa/i dengan berbagai pengetahuan mengenai dunia industri, dan menambah wawasan mahasiswa/i dengan melihat secara langsung mengenai suasana di dalam industri.

Pada awalnya, informasi kunjungan perusahaan bersumber dari Ibu Dessy Agustina Sari, S.T., M.T selaku Dosen Teknik Kimia. Beliau memberi tahu bahwa PT Amerta Indah Otsuka telah membuka Kunjungan Pabrik offline yang diinformasikan melalui laman Instagram Otsuka (@otsuka.id). Maka dari itu, Divisi Public Relations Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang (Himatemia Unsika) langsung mengajukan kegiatan dan menentukan tanggal pelaksanaan Kunjungan Industri ke PT Amerta Indah Otsuka Sukabumi. Kegiatan ini bertemakan “Factory visit, Growth Your Knowledge and Experience”. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai proses produksi, kemasan produk, dan cara kerja alat-alat yang ada pada PT Amerta Indah Otsuka, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memahami, mengkaji serta membandingkan bagaimana ilmu yang diterima di perguruan tinggi dan aplikasinya di dunia kerja.

Kegiatan KKI (Kegiatan Kunjungan Industri) tahun 2022 ini diikuti oleh seluruh angkatan Mahasiswa/i Teknik Kimia Unsika beserta Bapak/Ibu dosen pendamping. Dengan total peserta kunjungan yang ikut terdapat 124 mahasiswa, 4 dosen teknik kimia, dan 3 tenaga pendidik dari Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pada jam 09.00 – 11.00 WIB, sedangkan sesi kedua pada jam 13.00 – 15.00 WIB. Di setiap sesi, dilakukan  pemberian buah tangan yang diwakilkan oleh para dosen teknik kimia kepada salah satu pihak perusahaan, dan di sesi pertamanya dilakukan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan dari Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang kepada PT Amerta Indah Otsuka.

“Karena ini merupakan kunjungan industri pertama kami setelah lama pandemi, tentu saja kami merasa sangat senang bisa mendapatkan pengalaman dan belajar ilmu baru dari kunjungan di PT Amerta Indah Otsuka. Perusahaan menerima kedatangan kami dengan sangat hangat, disana kami banyak belajar dan melihat secara langsung alat dan proses pembuatan produk mereka seperti Pocari Sweat, Fibe-Mini, dan Oronamin C. Selain belajar, kami juga seru-seruan bermain di wahana teater 3D disana dan kuis yang dilaksanakan setelah penjelasan umum mengenai perusahaan. Semoga kedepannya baik pengurus Himatemia ataupun Program Studi bisa menyelenggarakan acara kunjungan industri lagi terutama di industri-industri yang berkaitan dengan teknik kimia sehingga kami dapat melihat dan belajar mengenai proses di industri tersebut secara langsung.” Ujar Lisna selaku perwakilan dari Mahasiswa Teknik Kimia Unsika angkatan 2019, Kamis (11/08/22).

“Alhamdulillah, kegiatan KKI ini dapat berjalan dengan lancar. Saya berterima kasih kepada para Dosen, teman-teman Teknik Kimia, dan panitia pelaksana karena sudah menyukseskan KKI tahun 2022 ini. Semoga pengalaman dan ilmu yang didapat menjadi bekal untuk kita saat terjun langsung di dunia industri nanti” Ujar Salma selaku Ketua Pelaksana KKI 2022, Kamis (11/08/2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *