Kuliah Umum Teknik Kimia : Pembuatan dan Pengelolaan Bahan Kimia Surfaktan

Sabtu, 22 oktober 2022, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang (Himatemia Unsika) telah mengadakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Pembuatan dan Pengelolaan Bahan Kimia Surfaktan”. Melalui kuliah umum ini, kami berharap para mahasiswa dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana memproduksi dan mengelola bahan kimia, salah satunya surfaktan. Oleh karena itu kuliah umum kali ini menghadirkan dua narasumber terkait yaitu bapak Dr.Ir. Sidik Marsudi., M.Si., IPM dan bapak Iwan Mu’min Basaharah, S.T., M.M. Kuliah umum ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan dihadiri oleh 185 peserta. Beberapa peserta diantaranya yaitu bapak ibu dosen, praktisi, dan mahasiswa teknik kimia  yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia, seperti dari Politeknik Sriwijaya, ITI, Itenas, dan sebagainya.

Sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Unsika

Kegiatan kuliah umum ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB dengan pembicara pertama adalah bapak Dr.Ir. Sidik Marsudi., M.Si., IPM. Beliau mengangkat judul materi “Produksi Biosurfaktan (rhamnolipid) dari Mikroba dan Pemanfaatannya”. Di sesi pertama ini, pak sidik menjelaskan mengenai identifikasi surfaktan dan biosurfaktan, bagaimana memproduksi biosurfaktan dan alur kerjanya, dan aplikasi dari biosurfaktan rhamnolipid. Bapak sidik menjelaskan materi selama 1 jam kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab antara peserta dengan pemateri yang dipandu oleh moderator. Materi yang dibawakan oleh pak sidik sangat menarik sehingga para peserta sangat antusias untuk bertanya saat sesi diskusi berlangsung. Lalu sesi pertama ditutup oleh dokumentasi dan ishoma.

Pemaparan materi sesi ke-1

Kemudian sesi kedua berlangsung dari pukul 13.30 WIB hingga 14.30 WIB dengan pembicara kedua adalah bapak Iwan Mu’min Basaharah, S.T., M.M. Judul yang dibawakan oleh pembicara kedua ini yaitu “Bijak Mengelola Bahan Kimia”. Di sesi kedua ini, pak iwan menjelaskan mengenai bahan kimia di Indonesia, bahan kimia berbahaya dan beracun, green chemisty sebagai solusi sustainability, prinsip green chemisty, dan manfaat dari green chemistry. Sama seperti sesi pertama, pembicara menjelaskan materi selama kurang lebih 1 jam kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab selama 30 menit. Walaupun sudah menjalani dua sesi, antusias para peserta juga masih ada, sehingga banyak juga para peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi kedua ini. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan penutupan dan dokumentasi bersama yang dipandu oleh moderator.

Pemaparan materi sesi ke-2

“Alhamdulillah, akhirnya acara kuliah umum surfaktan ini berjalan dengan lancar. Saya selaku ketua pelaksana ingin berterima kasih kepada semua antusiasme peserta dari berbagai macam perguruan tinggi yang telah menghadiri acara kuliah umum ini. Semoga ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Semoga kegiatan acara kuliah umum dapat terus di laksanakan dan diselenggarakan dengan lebih baik lagi” ucap Febri selaku ketua pelaksana dalam kegitan kuliah umum kali ini.

“Puji syukur dengan bantuan panitia pelaksana, kegiatan kuliah umum ke-2 ditahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar, semoga kegiatan kuliah umum dapat terus berlangsung setiap tahunnya di program studi Teknik kimia unsika ini” ucap Salma selaku ketua divisi Public Relation Himatemia Unsika.

Kontributor : Divisi Public Relation Himatemia Unsika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *