Kuliah tambahan dari pihak PT KAO Chemical Indonesia

Kuliah tambahan dengan bapak Barita Raja Siregar, ST Selaku Asisten Manager Production dari PT KAO Chemical Indonesia yang berada di KIIC – Karawang

Kelanjutan dari kegiatan Lokakarya Kurikulum Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang adalah kuliah tambahan dari kedua tamu undangan dari pihak industri. Kamis tanggal 21 Nopember 2019, bapak  Barita Raja Siregar, ST meluangkan di sela-sela waktu padatnya untuk memberikan kuliah 1 SKS mengenai Azas Teknik Kimia. Selaku Asisten Manager Production dari PT KAO Chemical Indonesia yang berada di KIIC – Karawang, beliau membuka diri tentang pemaparan konsep neraca balances tanpa melibatkan reaksi kimia. Pengemasan materi lebih memudahkan pemahaman mahasiswa/i Teknik Kimia dan dilanjutkan sharing information, simple practice of Mass Balance, Question and Answer, dan diakhiri Interview Key Success.

Tujuannya diadakannya mata kuliah tambahan sebagai pengaplikasian dari mata kuliah yang di terima oleh mahasiswa dikelas dengan permasalahan yang ada di perusahaan seperti PT KAO Chemical Indonesia. Mahasiswa diharapkan bisa menambah wawasan dari mata kuliah tambahan ini dan agar nantinya setelah setelah lulus dari Teknik Kimia UNSIKA ini tidak terlalu kaget dengan permasalahan yang ada di Perusahaan karena mahasiswa sudah dibekali dengan dasar saat masa perkulihan.

Kuliah tambahan ini bukan hanya terkait Azas Teknik Kimia belaka. Pertemuan selanjutnya, pihak Pindo Deli Pulp and Papers (Manager Production, bapak Eko Singgih Pranata, ST) juga turut ke kelas perkuliahan untuk membantu penjelasan tentang proses industri kimia berkaitan kertas maupun Caustic Soda Plant yang berada di Kawasan Surya Cipta. Begitu pula dengan PT KAO Chemical Indonesia juga berkontribusi mengenai proses produksi.

Kegiatan hari ini ditutup oleh capaian pembelajaran yang diinginkan oleh pihak industri. Hal tersebut ternyata benar berkaitan dengan salah satu goal program studi Teknik Kimia Fakultas Teknik – UNSIKA yaitu “contribute to re-design your batch process to increase yield of solid/liquid/gas quantity in your company. Surely, I am fast learning to understand your process first”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *