AKB, Mahasiswa Unsika Praktikum Lagi

KARAWANG, RAKA – Perkuliahan secara daring di masa pandemi membuat mahasiswa merasa jenuh. Perkuliahan model seperti ini juga tentunya kurang efektif untuk beberapa mata kuliah tertentu yang mengedepankan praktikum. Menimbang kondisi ini seiring mulai diterapkannya adaptasi kebiasaan baru, sejumlah mahasiswa prodi Teknik Kimia kembali melakukan praktikum di kampusnya.

Koordinator Program Studi Teknik Kimia Unsika Dessy Agustina Sari, ST., MT., menyampaikan kegiatan praktikum yang dilakukan mahasiswanya menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Penggunaan laboratorium tetap dijalankan dengan aman seperti penggunaan masker, jas lab, sarung tangan, serta disesuaikan dengan jadwal piket pengarah. Seperti yang nampak pada Jumat (17/7) kemarin, sejumlah mahasiswa melakukan kegiatan pengenalan alat dan bahan praktikum serta pengoperasiannya.

Dessy yang juga selaku dosen pengampu mata kuliah kimia organik dan kimia analitik mengawal kegiatan secara keseluruhan. Dikatakannya, pengarahan tidak hanya sekedar pengenalan melainkan juga penjelasan dan timbal-balik para mahasiswa berupa pertanyaan dari mahasiswa baik mengenai teori dasar, praktek penggunaan alat, penyimpangan, maupun fenomena selama pelaksanaan.

“Penerapan praktikum tidak hanya dari kedua praktikum, tetapi melibatkan keterkaitan dengan mata kuliah lain seperti alat-alat industri kimia, operasi teknik kimia,” terangnya.

Ia menuturkan, dalam aplikasinya mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi namun juga memahami betul bagaimana teknis pengukuran masa, oven, waterbatch, dan desikator.

“Saya paparkan bahwa salah satu prinsip pemisahan cair-cair berdasarkan perbedaan titik didih, saya berharap mereka menguasai peralatan distilasi, transportasi zat cair, maintenance, hingga cleaning pasca penggunaan,” pungkasnya. (din)

Berita ini dikutip secara keseluruhan dari: https://radarkarawang.id/uncategorized/akb-mahasiswa-unsika-praktikum-lagi/ , 18 Juli 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *